Sosialisasi Pelaksaan Kuliah secara Daring dalam lingkungan Universitas Gajah Putih

daring

Universitas Gajah Putih (UGP) melakukan kegiatan sosialisasi pedoman operasional pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Kegiatan sosialisasi yang berlangsung pada Senin (28/09/2020) tersebut bertujuan untuk memperkenalkan SOP baku yang efektif dan efisien sehingga memudahkan dosen dalam memberikan materi dan mahasiswa dalam mendapatkan materi mata kuliah daring. Sosialisasi ini dilakukan dengan memperhatikan prosedur protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah guna menghindari penyebaran Covid-19 yang semakin meluas.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Gajah Putih Eliyin, S.Hut, M.P, dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Rayuwati, S.Kom, M.Kom, Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Puja Darma, S.E, M.Pd,para Wakil Dekan Bidang Akademik, Kepala Program Studi, dan dosen.

Rektor dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penggunaan sistem pendidikan daring baik bagi dosen dan mahasiswa yang sedang melaksanakan proses pembelajaran, penelitian ataupun praktikum perkuliahan di Universitas Gajah Putih.

Pada Semester Gasal 2020/2021 yang dimulai 05 Oktober 2020 mendatang, Universitas Gajah Putih akan menerapkan pembelajaran daring selama pandemi covid-019. Terdapat beberapa perubahan dalam sistem perkuliahan, mekanisme belajar hingga mata kuliah dan beban studi yang ditawarkan bagi mahasiswa. Untuk optimalisasi pelaksanaan pembelajaran daring tersebut dibutuhkan dasar pemahaman yang sama di kalangan tenaga pengajar/dosen

Wakil Rektor Bidang Akademik Rayuwati, S,Kom, M.Kom, mengatakan bahwa standar setiap mata kuliah harus dibuat Rencana Pembelajaran Semesternya (RPS) yang didalamnya memuat strategi perkuliahan daring. Materi bahan ajar harus sudah ada dan siap diakses oleh mahasiswa sebelum perkuliahan dimulai. Beberapa materi utama yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi standar pembelajaran daring. Muhamad Yustisar, S.Si, M.Kom dan Mukhtar, S.Kom yang merupakan pemateri pada kegiatan sosialisasi menjelaskan bahwa standar pembelajaran daring mengatur standar input, proses, penilaian hingga output perkuliahan. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring setiap dosen Universitas Gajah Putih yang mengampu mata kuliah (MK), dapat menggunakan Learning Management System (LMS), yaitu salah satu dari pilihan e-learning. Sedangkan model perkuliahan yang direkomendasikan adalah model blended learning, flipped classroom, moda a-sinkron. Untuk materi bahan ajar dalam bentuk digital dapat dibuat berupa modul/diktat/buku ajar, materi presentasi powerpoint atau pdf, materi dalam bentuk web/multimedia/hypermedia, rekaman video ajar, video movie dan video animasi.

Panduang Kuliah Daring bisa di Download disini

my/ma

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on pinterest