Sosialosasi Pendampingan Pelaporan Data PDDIKTI Tahun 2020

Sosialosasi Pendampingan Pelaporan Data PDDIKTI Tahun 2020

Universitas Gajah Putih (UGP) Kamis, 01 Oktober 2020 – Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pemahaman pengelola perguruan tinggi khususnya Universitas Gajah Putih dalam melaksanakan pelaporan data pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Hari ini Universitas Gajah Putih melakukan sosialisasi secara daring pada Video Conference melalui aplikasi Zoom Meeting yang di selenggarakan oleh LLDikti Wilayah XIII Aceh.

Adapun dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Gajah Putih yaitu Eliyin, S.Hut., MP, Wakil Rektor Bidang Akademik Rayuwati, M.Kom dan Operator PDDikti Mukhtar, S.Inf & Fahruddin, S.Inf.

Dari hasil sosialisasi tersebut beberapa hal yang perlu ditekankan adalah terkait Permendikbud No 7 TAhun 2020, perihal pendirian, perubahan, pembubaran dan pendirian, perubahan dan pencabutan izin PTS, dimana pada pasal 36 ayat 7 setiap PTS wajib melakukan pendataan pelaporan ke PDDikti. pasal 6 ayat 7 apabila tidak dilakukan maka akan di kenai sanksi Administrasi.

Setiap PTS harus memiliki pemutakhiran pelaporan data, dibentuk evaluasi pelaporan yang di ketua oleh WR Bidang akademik dengan sebagai anggota Dekan dan kepala program studi. Tim evaluasi bekerja sebelum melakukan pelaporan di tanggal 15 April pada semester ganjil dan 15 Oktober di semester Genap.


Sosialisasi Pelaksaan Kuliah secara Daring dalam lingkungan Universitas Gajah Putih

Sosialisasi Pelaksaan Kuliah secara Daring dalam lingkungan Universitas Gajah Putih

Universitas Gajah Putih (UGP) melakukan kegiatan sosialisasi pedoman operasional pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Kegiatan sosialisasi yang berlangsung pada Senin (28/09/2020) tersebut bertujuan untuk memperkenalkan SOP baku yang efektif dan efisien sehingga memudahkan dosen dalam memberikan materi dan mahasiswa dalam mendapatkan materi mata kuliah daring. Sosialisasi ini dilakukan dengan memperhatikan prosedur protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah guna menghindari penyebaran Covid-19 yang semakin meluas.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Gajah Putih Eliyin, S.Hut, M.P, dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Rayuwati, S.Kom, M.Kom, Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Puja Darma, S.E, M.Pd,para Wakil Dekan Bidang Akademik, Kepala Program Studi, dan dosen.

Rektor dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penggunaan sistem pendidikan daring baik bagi dosen dan mahasiswa yang sedang melaksanakan proses pembelajaran, penelitian ataupun praktikum perkuliahan di Universitas Gajah Putih.

Pada Semester Gasal 2020/2021 yang dimulai 05 Oktober 2020 mendatang, Universitas Gajah Putih akan menerapkan pembelajaran daring selama pandemi covid-019. Terdapat beberapa perubahan dalam sistem perkuliahan, mekanisme belajar hingga mata kuliah dan beban studi yang ditawarkan bagi mahasiswa. Untuk optimalisasi pelaksanaan pembelajaran daring tersebut dibutuhkan dasar pemahaman yang sama di kalangan tenaga pengajar/dosen

Wakil Rektor Bidang Akademik Rayuwati, S,Kom, M.Kom, mengatakan bahwa standar setiap mata kuliah harus dibuat Rencana Pembelajaran Semesternya (RPS) yang didalamnya memuat strategi perkuliahan daring. Materi bahan ajar harus sudah ada dan siap diakses oleh mahasiswa sebelum perkuliahan dimulai. Beberapa materi utama yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi standar pembelajaran daring. Muhamad Yustisar, S.Si, M.Kom dan Mukhtar, S.Kom yang merupakan pemateri pada kegiatan sosialisasi menjelaskan bahwa standar pembelajaran daring mengatur standar input, proses, penilaian hingga output perkuliahan. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring setiap dosen Universitas Gajah Putih yang mengampu mata kuliah (MK), dapat menggunakan Learning Management System (LMS), yaitu salah satu dari pilihan e-learning. Sedangkan model perkuliahan yang direkomendasikan adalah model blended learning, flipped classroom, moda a-sinkron. Untuk materi bahan ajar dalam bentuk digital dapat dibuat berupa modul/diktat/buku ajar, materi presentasi powerpoint atau pdf, materi dalam bentuk web/multimedia/hypermedia, rekaman video ajar, video movie dan video animasi.

Panduang Kuliah Daring bisa di Download disini

my/ma

Universitas Gajah Putih menyediakan Seratusan Lebih Kuota Beasiswa KIP-Kuliah untuk Tahun Ajaran 2020

Universitas Gajah Putih menyediakan Seratusan Lebih Kuota Beasiswa KIP-Kuliah untuk Tahun Ajaran 2020

Universitas Gajah Putih Takengon Aceh Tengah di tetapkan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Aceh sebgai penerima kuota Beasiswa KIP-Kuliah (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) atau Beasiswa Penuh Selama 4 Tahun (Yang terdiri dari Biaya Pendidikan dan Biaya Hidup) untuk tahun Ajaran 2020 oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah13 (tiga belas) Aceh.Murtada, S.Pd (Kabag. Kemahasiswaan UGP) mewakili Bapak Rektor Universitas Gajah Putih, menerangkan bahwa : Penetapan kuota Beasiswa ini sesuai dengan surat yang kami terima dari LLDIKTI-13 Aceh dengan Nomor Surat : 390/LL13/KM.03.00/2020, tanggal 3 Juni 2020, prihal Kuota Beasiswa KIP-Kuliah Tahun Ajaran 2020. Disebutkan dalam salahsatu pointnya bahwa UGP mendapatkan kuota Beasiswa KIP-Kuliah dari Kemendikbud sejumlah seratusan lebih mahasiswa. Lebih lanjut dijelaskan bahwa “Beasiswa ini adalah Beasiswa program Bapak Presiden Jokowidodo yang disalurkan melalui Kementerian Pendidikan & Kebudayaan yang diteruskan melalui LLDIKTI-13 Aceh sebagai koordinator PTS di Aceh.Beasiswa ini merupakan penyempurnaan progam beasiswa Bidikmisi yang dulunya kita ketahui sebagai salah satu jenis beasiswa unggulan Kemenristek & Dikti, dan sudah banyak masyarakat Aceh Tengah dan Bener Meriah yang terbantu dengan adanya Beasiswa tersebut terutama bagi mereka yang ekonomi lemah dalam membiayai pendidikan putra/putrinya baik yang sedang proses studi maupun yang sudah berhasil lulus dari Universitas Gajah Putih dengan adanya Beasiswa tersebut. Untuk calon penerima beasiswa ini adalah para lulusan SMA/SMK/MA yang kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai potensi akademik yg baik, lulusan yang dimaksud adalah siswa/i yang lulus pada tahun berjalan atau lulusan dua tahun sebelumnya, syarat utamanya adalah keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan kepemilikan bantuan pendidikan Nasional dalam bentuk Kartu :1. Indonesia Pintar (KIP), atau 2. Keluarga Penerim Program Keluarga Harapan (PKH), 3. Keluarga pemegang kartu sejahtera (KKS), atau berasal dari panti sosial atau panti asuhan serta,4. Bagi calon mahasiswa yg tidak mempunyai beberapa jenis bantuan tersebut (Kartu KIP/KKS) dapat melampirkan surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kepala Desa.Untuk mendapatkan beasiswa tersebut di Universitas Gajah Putih, terlebih dahulu mahasiswa tersebut harus melakukan registrasi akun siswa KIP-Kuliah pada laman : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru Setelah selesai melakukan registrasi, calon mahasiswa menyerahkan berkas pendaftran mahasiswa barunya ke sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru 2020 di Biro Rektorat Universitas Gajah Putih yang beralamat di Belang Bebangka. Pendaftaran akun dan pendaftaran sebagai mahasiswa Baru khusus bagi calon mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-Kuliah ini paling telat adalah akhir bulan Juli 2020.Kami himbau kepada adik-adik yang berada di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah yang memenuhi persyaratan sebagai mana kami jelaskan di atas, agar segera mengambil peluang ini, karna peluang ini tidak datang duakali dengan cara menyiapkan berkas persyaratan menjadi mahasiswa baru di UGP dan mengikuti tahapan penjaringan penerimaan mahasiswa jalur biasiswa yang sudah ditentukan oleh Kampus. Dan untuk infomasi lebih jelasnya dapat menghubungi Penanggungjawab Bidang Kemahasiswaan UGP Bapak Murtada, S.Pd dengan nomor kontak 085297654611.Sebagai tambahan bahwa beasiswa berlaku utk semua program studi yang ada di Universitas Gajah Putih.

Penerimaan Proposal Pengabdian kepada  Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2019 Gelombang II

Penerimaan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2019 Gelombang II

Diinformasikan kepada dosen dalam lingkungan Universitas Gajah Putih , telah dibuka kembali Penerimaan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2019 Gelombang II mulai tanggal 8 sampai dengan 22 Oktober 2018. Proposal yang di terima pada gelombang II ini adalah proposal baru (bukan proposal lanjutan). disampaikan pula bahwa pada kesempatan ini penerimaan proposal juga dibuka untuk skema Desentralisasi Pengabdian kepada Masyarakat, yaitu Skema Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT).

Pengumuman resmi

 

Pemilihan Rektor Universitas Gajah Putih Masa Bakti 2018-2022

Pemilihan Rektor Universitas Gajah Putih Masa Bakti 2018-2022

P E N G U M U M A N
Nomor: 01/PANITIA-PR/UGP/X/2018
Tentang

PENDAFTARAN CALON REKTOR UNIVERSITAS GAJAH PUTIH
MASA BHAKTI 2018-2022

Kepada Putra-Putri Indonesia yang memenuhi persyaratan, mari bergabung dengan Universitas Gajah Putih yang berada di bawah pengelolaan badan penyelenggara Yayasan Gajah Putih Takengon untuk menjadi Rektor Universitas Gajah Putih Masa Bhakti 2018-2022.

A.    Syarat-Syarat Pendaftaran

1.    Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
(Dibuktikan dengan surat pernyataan, ditanda tangani di atas materai 6000)
2.    Berjiwa Pancasila;
(Dibuktikan dengan Surat Pernyataan, ditanda tangani di atas materai 6000)
3.    Sehat jasmani dan rohani;
(Dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter)
4.    Status dosen tetap dan aktif;
SK Yayasan untuk PTS/ SK Dosen PNS dan Ijin Kopertis bagi Dosen DPK; Surat Tugas Mengajar & Roster; Riwayat Mengajar dari PDPT
5.    Minimal memiliki Ijazah magister (S-2);
(dibuktikan dengan Ijazah Legalisir)
6.    Memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN);
(dibuktikan dengan print out PDPT Kemenristek Dikti)
7.    Memiliki Jabatan Fungsional Akademik (JAFA) minimal Lektor Kepala;
(dibuktikan dengan SK. JAFA dan print out PDPT Kemenristek Dikti)
8.    Tidak sedang dalam pembebasan tugas sebagai dosen tetap;
(Surat Keterangan Aktif Mengajar)
9.    Berusia paling tinggi 60 tahun pada saat berakhirnya masa jabatan rektor;
(dibuktikan dengan fotocopy KTP atau KK)
10.  Bersedia dicalonkan menjadi rektor yang dinyatakan secara tertulis;
(Dibuktikan dengan Surat Pernyataan, ditanda tangani di atas materai 6000)
11.  Memiliki pengalaman managerial di lingkungan perguruan tinggi paling rendah sebagai ketua jurusan/prodi sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun;
(Dibuktikan dengan Foto kopi SK Jabatan dilegalisir)
12.  Berdomisili sesuai dengan tempat dimana PTS berada pada saat menjadi rektor;
(Dibuktikan dengan Surat Pernyataan, ditanda tangani di atas materai 6000)
13.  Tidak pernah dihukum karena melakukan perbuatan tindak pidana minimal 6 bulan;
(Dibuktikan dengan Surat Pernyataan, ditanda tangani di atas materai 6000)
14.  Dosen PTN/PTS lain wajib mendapat izin dari rektor bagi PTN dan Kopertis bagi PTS;
(dibuktikan dengan Surat Rekomendasi untuk bekerja penuh waktu di Universitas Gajah Putih/Pembebasan tugas sementara dari perguruan tinggi asal).
15. Tidak sebagai anggota partai politik;
(Dibuktikan dengan Surat Pernyataan, ditanda tangani di atas materai 6000)
16. Tidak rangkap jabatan di instansi lain.
(Dibuktikan dengan Surat Pernyataan, ditanda tangani di atas materai 6000)

17.  Pas Photo Terbaru Ukuran 4 x 6 (4 Lembar)

18.  Masa dan Tempat Pendaftaran
1.    Masa Pendaftaran     :  4 Oktober 2018 sampai dengan 15 Oktober 2018
2.    Waktu Pendaftaran    :  9.00 –  12.00 WIB pada setiap hari kerja
3.    Tempat Pendaftaran  :  Biro Rektor Universitas Gajah Putih

Semua persyaratan pendaftaran diserahkan ke panitia pemilihan dalam bentuk hard copy dan soft copy

Panitia Pemilihan Rektor Universitas Gajah Putih Masa Bhakti 2018-2022 hanya menerima berkas persyaratan pendaftaran yang lengkap dan hanya melayani pendaftaran pada masa, waktu, dan tempat pendaftaran yang telah ditentukan.

Demikian pengumuman ini dikeluarkan untuk dapat dimaklumi.

Takengon, 3 Oktober 2018
Ketua Panitia,

Dto
Vimartian Sagara, SE

Contak Person;
1.    Virmantian Sagara, SE (0852 9672 9878)
2.    M. Ibnu Akbar, SE (0852 7778 8880
3.    Radensyah, S.HI (0852 7760 0474)

Formulir dan Surat Pernyataan dapat di Download di bawah ini :

Formulir Pendaftaran

Surat Pernyataan